Nyi Roro Kidul Dalam Kajian Islam - Muslim Prime
Headlines News :
Home » » Nyi Roro Kidul Dalam Kajian Islam

Nyi Roro Kidul Dalam Kajian Islam

Written By Alonza Publishing on Sabtu, 06 April 2013 | 16.11

Kanjeng Ratu Kidul
Negara Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya yang melimpah, nilai budaya yang kian lama tergerus modernisasi terus-terus terjaga akan kelestariannya, namun beberapa aktifitas budaya terkadang bertentangan dengan hokum agama, salah satunya adalah budaya yang terus berakar tentang suatu legenda tentang Penguasa laut selatan yaitu nyi roro kidul.

Kanjeng Ratu Kidul adalah tokoh legenda yang sangat populer di kalangan masyarakat penghuni Pulau Jawa dan Bali. Kepercayaan akan adanya penguasa lautan di selatan Jawa (Samudera Hindia) dikenal terutama oleh suku Sunda dan suku Jawa. Orang Bali juga meyakini adanya kekuatan yang menguasai pantai selatan ini.

Misteri Nyi Roro Kidul

Legenda ratu selatan ini berawal dari seorang kelahiran anak perempuan bernama lara kadita putri dari prabu siliwangi seorang raja yang terkenal dengan bijaksana, kehadiran putrid lara kadita yang kelak akan menjadi pewaris tahta kerajaan yang tidak disukai para selir raja, apa lagi sang putrid tumbuh menjadi wanita yang sangat cantik yang membuat kebencian para selir makin besar, dengan menggunakan ilmu hitam para selir membuat permaisuri lara kadita memiliki penyakit kulit yang parah dan berbau busuk, karena penyakitnya permaisuri dan putrid diusir oleh raja dengan alas an takut penyakitnya menjadi wabah dikerajaan, dalam pengembaraannya yang terlalu lelah melalui medan yang sangat berat hingga meninggal dunia, ditinggal sang bunda putri lara kadita yang sedih terus berjalan hingga berhenti pada suatu karang hingga akhirnya tertidur karena kelelahan, dalam tidurnya sang putri bermimpi bahwa kecantikannya akan kemabali seperti semula, jika putri melompat dan menenggelamkan dirinya kelaut, akhirnya kecantikan ratu cantik kembali dan menjadi ratu laut selatan yang dipanggil dengan nyi roro kidul.

Sebuah legenda biasanya berasal dari cerita sebuah rakyat yang berkembang dan terus diceritakan, pada legenda nyi roro kidul bisa jadi sebagian orang tertentu pernah bertemu sosok magis yang digambarkan perempuan cantik dan berpakaian serba hijau, hingga saat ini masih banyak orang yang mempercayai sosok mistis ini. Masyarakat terus melaksanakan ritual, guna menghormati penguasa laut selatan ini yang salah satu ritualnya adalah larung sesaji yang dilaksanakan setiap tahunnya, ritual sedekah laut ini dilaksanakan sebagai wujud syukur kepada tuhan dan penguasa laut selatan agar nelayan terhindar dari musibah laut dan memperoleh banyak hasil tangkapan ketika melaut, tidak hanya nelayan dan masyarakan sekitar yang melakukan ritual.

Sebuah kamar hotel yang ternama, Pemilik hotel yang berada di pantai selatan Jawa dan Bali menyediakan ruang khusus bagi Sang Ratu. Yang terkenal adalah Kamar 327 dan 2401 di Hotel Grand Bali Beach. Kamar 327 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar pada peristiwa kebakaran besar Januari 1993. Setelah pemugaran, Kamar 327 dan 2401 selalu dirawat, diberi hiasan ruangan dengan warna hijau, diberi suguhan (sesaji) setiap hari, namun tidak untuk dihuni dan khusus dipersembahkan bagi Ratu Kidul. Hal yang sama juga dilakukan di Hotel Samudra Beach di Pelabuhan Ratu. Kamar 308 disiapkan khusus bagi Ratu Kidul. Di dalam ruangan ini terpajang beberapa lukisan Kanjeng Ratu Kidul karya pelukis Basoeki Abdullah. Di Yogyakarta, Hotel Queen of The South di dekat Parangtritis mereservasi Kamar 33 bagi Sang Kanjeng Ratu
Sebuah perlakuan masyarakat awam ini merupakan suatu kemenangan iblis dalam merusak akidah manusia, iblis menyerupai bentuk yang dikenal manusia dan melakukan tipu dayanya agar manusia menuju pada kekufuran, bisa jadi iblis ada adil menciptakan legenda nyi roro kidul memberikan kesan sang putri adalah sosok yang baik dan teraniaya, namun karena kesabarannya nyi roro kidul mendapatkan suatu kekuatan yang seakan bisa menolong manusia, yang parahnya kekufuran ini terus berlangsung hingga kini, dan tertawa puaslah sang iblis melihat manusia teperdaya pada rayuannya.

Astaghfirullah, semua perbuatan ini sangatlah jelas perbuatan syirik yang menykutukan allah swt, meminta pertolongan kepada selain allah atau mengagungkan selain allah, akan menghantarkan manusia menjadi budak iblis. Dan tidak hanya sampai situ sajah parahnya kebanyakan manusia yang terjatuh pada prilaku menyimpang ini adalah umat islam, Astaghfirullah.

Padahal sangat jelas allah swt telah mengingatkan kepada orang yang beriman kepadanya agar tidak terjerumus pada perbuatan syrik, Allah befirman :

Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah", maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar).(Qs Al-Ankabut [29] : 61)

Syirik adalah dosa yang paling besar dan menjadi dosa yang pertama kali disebutkan keharamannya,Allah Befirman :

Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya).(Qs Al-Anam [6] : 151)

Syirik juga merupakan dosa yang tak termaafkan, Allah befirman :

Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya).(Qs An-Nisa [4] : 48 & 116)

Ayat diatas sudah sangat jelas bahwa syirik tak akan terampuni oleh allah swt, dan hukuman bagi manusia yang melakukan perbuatan yang paling dibenci allah swt adalah diharamkannya mencium bau surge dan hidup kekal dalam neraka yang sangat keras siksaannya, Allah befirman :

Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.(Qs Al-Bayinah [98] : 6)

Permasalahan semacam ini sungguh sebuah masalah yang tidak mudah terselesaikan dengan seketika, kebiasaan lama yang bertahan dari jaman sebelum datangnya islam terus berkembang menjadi suatu kebudayaan, saat islam datang dalam kehidupan ini, kebiasaan ini tidak pernah hilang, walaupun kebiasaan ini adalah kebiasaan yang sangat bertentangan dengan ajaran islam, pada satu sisi banyak yang merasa bahwa kebudayaan adalah warisan leluhur yang mesti terus dilestarikan, disisi lain sebagai seorang muslim diwajibkan menjahui perbuatan yang dilarang allah swt, sebagai muslim yang paling pilih yang utama yaitu yang membawa kebaikan dari pada yang lain, bukankah hanya agama allah sajah yang dapat menyelamatkan kita dikehidupan selanjutnya dikehidupan abadi nanti.? Allah befirman :

Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolong pun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan.(Qs Hud [11] : 113)

Dan bukankah hanya agama allah sajah yang bersih dari syirik.? Allah befirman :

Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik).(Qs Az-Zumar [39] :3)

Jaminan Bagi yang Menetapi Tauhid, Ini Dalilnya :

"Wahai anak manusia, setiap kali engkau meminta kepada-Ku dan mengharap dari-Ku, maka Aku akan ampunkan bagimu apa yang telah lalu dan Aku tidak peduli betapapun besar dan banyaknya dosamu. Wahai anak manusia, seandainya dosa-dosamu mencapai setinggi langit, kemudian engkau meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak manusia, seandainya engkau datang kepada-Ku dengan membawa setumpuk dosa sebesar bumi, kemudian engkau berjumpa dengan-Ku tanpa menyekutukan Aku dengan sesuatu apapun, maka Aku akan memberikan ampunan sebesar bumi itu pula" (Hadits Qudsi Riwayat Turmudzi)

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ratu_Laut_Selatan : Suntingan 2 April 2013
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muslim Prime - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger